Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

ayolike.com – Memiliki contoh surat lamaran kerja yang benar sebagai sebuah referensi bisa membantu Anda dalam membuat surat lamaran yang akan dikirim ke perusahaan tertentu. Mengingat surat lamaran ini sangat penting sebagai persyaratan diterimanya calon karyawan, Anda perlu membuatnya dengan sungguh-sungguh.

Sebenarnya, baik surat lamaran via emailmaupun surat lamaran kerja tulis tangan dibuat dengan format yang kurang lebih sama. Bedanya adalah bagaimana cara membuat surat lamaran kerja umum, fresh graduate, dan yang sudah berpengalamasn.

Nah, berikut ini kita akan memberikan beberapa contoh surat lamaran kerja yang umum.

Contoh Surat Lamaran Kerja yang Benar

Jawa Timur , 31 Desember 2021

Perihal : Surat Lamaran Pekerjaan

Kepada

Bapak/Ibu HRD Manager PT. Indo Jaya Abadi

Jl. Kh. Wachid Hasyim No. 75, Jawa Timur 61273

Di Tempat

Dengan hormat,

Berdasar info lowongan pekerjaan yang saya dapatkan dari surat kabar Pikiran Masyarakat edisi 20 Desember 2021 untuk  posisi Video Editor, dengan ini saya mengajukan lamaran dengan posisi tersebut. Berikut data pribadi saya:

Nama: Rizki Mahmud Sentosa

Jenis kelamin: Laki-laki

Alamat KTP: Dr. Setiabudi No. 102 , Bandung

Tempat/Tanggal Lahir: Bandung, 13 Desember 1991

Pendidikan terakhir: S1 Sarjana Seni, Institut Teknologi Bandung

Nomor telepon: 08987654321

Saya adalah pria yang aktif dalam organisasi, memiliki keahlian edit video, memahami ritme dan alur sebuah video dan mengerti cara menggunakan perangkat lunak Adobe Premiere Pro. Saya juga dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim.

Berikut dokumen yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan:

  • Curriculum Vitae (CV
  • Fotokopi ijazah S1 dilegalisir
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi transkrip nilai
  • Fotokopi sertifikat pelatihan
  • Pas foto 3×4
  • Fotokopi SKCK

Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu memberi kesempatan wawancara untuk menjelaskan lebih rinci mengenai kemampuan dan potensi yang saya miliki. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Rizki Mahmud Sentosa

 Demikianlah contoh surat lamaran kerja yang benar yang bisa Anda jadikan sebuah referensi. Silahkan gunakan template surat lamaran kerja di atas dan isi data diri serta keahlian sesuai dengan keahlian masing-masing. Anda juga bisa menyesuaikan informasi dalam surat tersebut agar terlihat sebagai surat lamaran fresh graduate maupun yang berpengalaman.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja. Karena jika dibuat secara asal, besar kemungkinan lampiran surat dan CV yang dikirim bersama surat tersebut tidak akan dibaca oleh HRD ketika melihat permohonan lamaran kerja Anda.

Seperti yang Anda ketahui, surat lamaran kerja merupakan hal pertama yang akan dicari oleh HRD sebelum memeriksa CV dan sertifikat-sertifikat yang Anda kirimkan.

Bisa dibilang, surat ini merupakan penentu kesan pertama HRD yang akan menilai Anda. Oleh karena itu, berikut ini kami akan bantu membuat surat lamaran jadi lebih menarik dengan memperhatikan hal-hal di bawah ini.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

Agar surat lamaran kerja dibaca sampai selesai oleh HRD, perhatikan hal-hal berikut ini di dalam surat yang Anda buat.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Surat Lamaran Kerja
Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Surat Lamaran Kerja

1. Awali dengan Sederhana dan Tidak Berbelit-belit

Sebelum masuk ke paragraf awal surat, Anda wajib menulis Perihal surat tersebut. Hal ini akan memudahkan HRD mengetahui apa maksud dan tujuan surat yang dikirim.

Kemudian, tulis nama lengkap PT dari perusahaan tempat Anda melamar dan tuliskan alamatnya dengan lengkap.

Paragraf pembuka surat lamaran kerja juga harus dibuat dengan sesimple mungkin dengan tetap mengutarakan maksud Anda dengan jelas.

2. Sebutkan Kemampuan yang Berhubungan dengan Jobdesk yang Diminati

Setelah menuliskan data diri, paragraf selanjutnya adalah menjelaskan kemampuan yang Anda miliki secara keseluruhan. Dalam menulis materi surat lamaran pekerjaan bagian ini, Anda tidak boleh mengulang penjelasan yang sudah ada dalam CV.

Selain itu, menuliskan kemampuan yang berhubungan dengan perusahaan atau dengan jobdesk yang diinginkan bisa jadi pertimbangan tambahan untuk HRD. Contohnya bila Anda ingin melamar sebagai desain grafis, jabarkan bahwa Anda menguasai perangkat lunak Photoshop, Adobe Illustrate, dan sebagainya.

3. Tampilan Surat dan Penutup

Salam penutup surat lamaran pekerjaan harus dibuat dengan tegas dan lugas serta menjelaskan bahwa Anda mengharapkan bahwa HRD memanggil kembali untuk interview bila memenuhi kriteria.

Dan sebelum surat tersebut dikirim, pastikan tidak ada typo, coretan, atau salah penulisan kata yang tidak baku dalam surat tersebut.

Itulah dia beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja. Jangan lupa untuk melakukan riset tentang perusahaan agar tidak ada informasi yang salah dalam surat tersebut.