Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup dengan Benar

Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup dengan Benar

ayolike.com – Cara mengisi daftar riwayat hidup dengan benar tidak kalah penting dengan memiliki portofolio yang menarik atau pengalaman kerja yang cukup panjang. Karena faktanya, hal pertama yang dilihat oleh sebuah perusahaan adalah bagaimana cara Anda mengisi dan mengirim CV tersebut.

Format daftar riwayat hidup tersedia dalam 2 macam. Yaitu:

  • Daftar riwayat hidup berdasarkan kronologis dan pengalaman
  • Daftar riwayat hidup berdasarkan keterampilan dan kemampuan

Untuk daftar riwayat hidup berdasarkan keterampilan dan kemampuan, hal utama yang paling penting untuk dilakukan adalah membuat CV tersebut semenarik mungkin. Karena jenis CV tersebut biasanya digunakan untuk pekerja kreatif.

Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup
Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup

Jarang ada perusahaan yang membutuhkan CV berdasarkan keterampilan dan kemampuan untuk daftar riwayat hidup PNSatau perusahaan BUMN lainnya.

Biasanya, perusahaan yang membutuhkan CV model tersebut adalah perusahaan startup, Google, desainer, software developer, dan pekerjaan-pekerjaan dengan skill khusus lainnya.

Nah, dalam artikel kali ini kita tidak akan membahas bagaimana cara mengisi daftar riwayat hidup berdasarkan keterampilan. Melainkan tentang kronologis dan pengalaman dengan benar.

Cara Mengisi Daftar Riwayat Hidup dengan Benar

Ada beberapa bagian dalam template daftar riwayat hidup. Berikut ini kita akan jelaskan cara mengisi setiap bagiannya.

1. Data Diri

Data diri wajib diisi sesuai dengan informasi yang ada di KTP Anda. Biasanya, data diri ini terdiri dari nama, alamat, jenis kelamin, tanggal lahir, dan nomor yang bisa dihubungi. Namun beberapa perusahaan juga ada yang membutuhkan berat badan, tinggi badan, dan status pernikahan calon karyawannnya.

2. Riwayat Pendidikan

Kolom riwayat pendidikan perlu diisi dengan semua pendidikan yang pernah Anda selesaikan, baik yang formal maupun informal. Anda juga perlu mengisi tahun lulus setiap jenjang pendidikan.

3. Riwayat Pekerjaan

Selanjutnya, Anda perlu mengisi riwayat pekerjaan dan tahun aktif di tempat kerja sebelumnya. Untuk daftar riwayat hidup fresh graduate, Anda bisa mencantumkan tempat magang atau sampingan.

4. Tanda Tangan & Pas foto

Terakhir, tanda tangani CV tersebut setelah Anda yakin semua informasinya benar. Jangan lupa berikan pas foto formal sesuai dengan persyaratan dari perusahaan.

Demikianlah cara mengisi daftar riwayat hidup dengan benar untuk fresh graduate maupun untuk orang yang sudah pernah bekerja sebelumnya. Jangan lupa untuk memastikan dulu semua informasi sudah benar sebelum mengirim CV tersebut.

Check Also

Cara Pengisian Daftar Riwayat Hidup yang Benar Dan Tepat

Cara Pengisian Daftar Riwayat Hidup yang Benar Dan Tepat

ayolike.com – Cara Pengisian Daftar Riwayat Hidup Beli di Fotocopy ini mungkin akan berguna untuk …