Market Share: Pengertian, Tujuan, dan Jenis Pangsa Pasar

Market Share: Pengertian, Tujuan, dan Jenis Pangsa Pasar

ayolike.com – Seperti kita ketahui, market share adalah faktor yang sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Lalu sebenarnya, apa pengertian market share, dan apa tujuannya?

Jawabannya ada di artikel ini. Di sini saya akan membahas secara lengkap beberapa hal yang berhubungan dengan market share, antara lain:

  • Penjelasan ringkas apa itu market share.
  • Apa tujuan dari analisis market share.
  • Jenis-jenis market share.
  • Mengukur keberhasilan perusahaan dalam market share.
  • Cara mengetahui ukuran pasar.
  • Cara meningkatkan market share.
  • Kelebihan dan kekurangan pangsa pasar.

Jika Kamu ingin tahu lebih banyak tentang pangsa pasar, Kamu pasti akan suka membaca artikel ini. Let’s get started!

Pengertian Market Share

Secara umum, pengertian market share adalah bagian dari seluruh permintaan atas suatu barang yang mencerminkan golongan konsumen berdasarkan ciri khasnya (market segment).

Penggolongan konsumen dapat dikelompokkan berdasarkan tingkat penghasilan, usia, jenis kelamin, pendidikan, dan status sosial.

Jadi, pangsa pasar atau market share adalah bagian dari pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan dari seluruh potensi jual, umumnya dinyatakan dalam persentase.

Pangsa pasar juga dapat didefinisikan sebagai persentase total penjualan produk suatu perusahaan dari seluruh sumber, dibagi dengan total penjualan produk (barang dan jasa) dalam suatu industri tertentu.

Contoh sederhana,

Jika konsumen secara keseluruhan membeli 100 produk shampo, dan 35% pembelian tersebut berasal dari perusahaan XYZ, maka perusahaan XYZ berhasil menguasai 35% pangsa pasar.

Tujuan Analisis Market Share

Setelah mengetahui apa itu market share, tentunya kita juga harus mengetahui apa tujuan analisis market share atau pangsa pasar.

Pada umumnya, pangsa pasar suatu perusahaan dapat dijadikan indikator daya saing dari perusahaan tersebut di suatu market. Jadi, tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa baik performa dan pertumbuhan perusahaan tersebut terhadap pesaingnya.

Metrik ini juga dapat dipakai untuk mengukur perubahan pada pendapatan penjualan sehingga membantu perusahaan dalam melakukan evaluasi terhadap permintaan primer pada suatu pasar.

Biasanya pertumbuhan tingkat penjualan yang berasal dari permintaan primer akan membuatnya menjadi lebih murah dan akan menguntungkan perusahaan, ketimbang pasar yang didapatkan dari mengambil bagian dari kompetitor di industri yang sama.

Sementara, kerugian yang dialami pada suatu pangsa pasar menjadi indikasi adanya masalah besar dalam jangka panjang. Hal ini membutuhkan dilakukannya perubahan strategi pemasaran yang digunakan.

Baca Juga  Referensi berusaha Berjualan Hanya Modal 4 juta

Setiap bisnis atau perusahaan yang memiliki pangsa pasar di bawah rata-rata kemungkinan tidak akan bisa bertahan menghadapi persaingan. Pasalnya, tren pangsa pasar dan penjulan produk perusahaan juga merupakan indikator awal akan adanya peluang atau masalah yang bisa timbul di masa mendatang.

Berdasarkan penelitian, market share merupakan suatu aset yang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Namun, banyak ahli ekonomi yang mengatakan bahwa pangsa pasar bukanlah tujuan atau kriteria dasar suatu kebijakan ekonomi.

Dengan begitu, pangsa pasar hanya dapat dijadikan sebaga dasar utama untuk mengukur kinerja perusahaan-perusahaan yang sedang bersaing di suatu market.

Pangsa pasar dapat dijadikan salah satu acuan untuk membangun sistem perusahaan, baik itu dalam merumuskan dan membuat kebijakan. Dan tentunya kebijakan tersebut dibuat berdasarkan pertimbangan yang dihubungkan dengan dampak dari setiap kebijakan terhadap pangsa pasar pesaing perusahaan.

Jenis-Jenis Market Share

Pangsa pasar dapat dibedakan menjadi dua jenis. Berikut adalah jenis-jenis pangsa pasar dan contohnya:

1. Pasar Utama (Primary Market)

Pasar utama adalah pasar di mana tempat sekuritas dibuat. Di pasar ini perusahaan menjual saham dan obligasi baru kepada publik untuk pertamakalinya.

Initial public offering (IPO) atau penawaran umum perdana merupakan contoh pasar primer. Pada perdangangan ini, investor memiliki kesempatan untuk membeli sekuritas dari bank yang melakukan penjaminan awal untuk saham tertentu.

IPO terjadi ketika perusahaan swasta menerbitkan saham ke publik untuk pertama kalinya.

2. Pasar Sekunder (Secondary Market)

Pasar sekunder adalah pasar di mana investor membeli dan menjual sekuritas yang sudah mereka miliki. Pasar ini oleh kebanyakan orang disebut dengan “pasar saham”, meskipun saham juga sebenarnya dijual di pasar primer saat pertama kali diterbitkan.

Bursa nasional, seperti Bursa Efek Indonesia merupakan salah satu contoh pasar sekunder.

Mengukur Keberhasilah Perusahaan Dalam Market Share

Pangsa pasar adalah persentase penjualan yang dibukukan oleh suatu perusahaan dari keseluruhan penjualan para pesaing gabungan di industri tertentu.

Artinya, market share adalah salah satu indikator yang digunakan suatu perusahaan dalam mengukur tingkat keberhasilan mereka terhadap kompetitornya.

Sebagai contoh, perusahaan XYZ pada tahun 2008 memiliki target market share sebanyak 10% dari keseluruhan pasar. Untuk mencapai target pasar tersebut, dibutuhkan biaya promosi sebesar Rp100 juta.

Baca Juga  Rekomendasi berusaha Jual Hanya Modal 500 ribu

Jika setelah pemasaran ternyata pangsa pasar yang didapatkan perusahaan XYZ lebih dari 10% (misalnya 15%), itu artinya kinerja perusahaan berjalan baik.

Sebaliknya, jika di tahun tersebut pangsa pasar yang didapatkan hanya 9% maka itu menunjukkan kinerja pemasaran kurang baik dan perusahaan akan menghadapi masalah efisiensi dan efektifitas.

Ada beberapa faktor yang perlu ditelusuri dalam mengkaji masalah perusahaan yang tidak mampu mencapai pangsa pasar, yaitu:

  • Besarnya pangsa pasar yang terlalu tinggi.
  • Pesaing baru semakin banyak di industri yang sama.
  • Terjadi penurunan daya saing perusahaan.
  • Promosi yang tidak dapat mencapai target market atau tidak tepat sasaran.

Cara Mengetahui Ukuran Pasar

Agar dapat mengetahui dan menetapkan ukuran pasar dan market share-nya, diperlukan riset pasar yang cukup mendalam. Oleh karena itu, pengusaha harus dapat mendefinisikan pasar yang akan dibidik sehingga dapat melihat potensi pasar tersebut.

Selanjutnya, setelah mengetahui ukuran pasar dan mengetahui segmen pasar yang dibidik, maka langkah berikutnya adalah mempelajari siapa pesaing di pasar tersebut dan berapa banyak pasar yang telah dikuasai oleh mereka.

Perusahaan yang membuat perencanaan strategi harus mengembangkan strategi bauran pemasaran, dan mempersempit segmentasi produk sehingga promosi tepat sasaran.

Sebagai contoh,

Perusahaan XYZ yang berada di industri minuman. Tidak cukup hanya menjelaskan bisnisnya adalah minuman, tapi harus lebih fokus.

Misalnya minuman kopi, teh, rasa buah, dan lain sebagainya.

Cara Meningkatkan Market Share

Memahami pengertian pangsa pasar atau market share merupakan hal yang penting. Alasannya, dengan mengetahui pangsa pasar yang dibidik maka suatu perusahaan dapat memahami kekuatan dan kelemahannya serta dapat mengantisipasi pasar.

Memahami kelebihan dan kekurangan suatu perusahaan dapat dilakukan dengan analisis SWOT. Dengan begitu maka suatu perusahaan dapat melakukan berbagai hal yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas.

Misalnya, mengubah harga, mengubah layanan, meningkatkan promosi pemasaran, mengubah cara distribusi, dan sebagainya.

Lalu bagaimana cara meningkatkan pangsa pasar saat suatu perusahaan memulai bisnis perdagangan. Berikut ini tips singkatnya:

  1. Memilih bisnis yang masih tergolong baru dan belum banyak kompetitor dari perusahaan lain.
  2. Memiliki keyakinan bahwa perusahaan tersebut akan berhasil di bisnis yang dijalankan.
  3. Menentukan visi dan misi perusahaan mengenai target bisnis di masa depan.
  4. Memperhitungkan kekuatan para kompetitor di industri yang sama.
  5. Memperhatikan pergerakan harga di industri yang dibidik dan menentukan harga yang paling sesuai.
  6. Menciptakan dan membangun jaringan pasar sehingga bisnis menjadi lebih besar.
Baca Juga  Rekomendasi usaha Berjualan Hanya Modal 300 ribu

Kelebihan dan Kekurangan Analisis Pangsa Pasar

Seperti yang disebutkan di atas, analisis pangsa pasar dapat digunakan sebagai alat untuk memberikan gambaran awal terhadap situasi perusahaan dalam persaingan bisnis.

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan analisis market share:

Kelebihan Analisis Pangsa Pasar

Analisis pangsa pasar dapat dipakai sebagai tolak ukur untuk membandingkan dua perusahaan atau lebih yang bersaing di industri yang sama.

Selain itu, analisis pangsa pasar juga dapat menunjukkan tingkat persaingan total terhadap seluruh perusahaan yang ada dalam satu industri.

Dengan begitu, analisis pangsa pasar dapat digunakan sebagai rujukan tingkat pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.

Jika pangsa pasar perushaan meningkat dalam periode tertentu, maka dapat dikatakan perusahaan tersebut telah memiliki cara yang tepat untuk memasarkan produk sesuai permintaan pasar.

Kekurangan Analisis Pangsa Pasar

Jika perusahaan sudah menjangkau sebagian besar market share, namun profit yang diperoleh ternyata lebih sedikit dibanding perusahaan lain di industri yang sama, maka data market share bisa dianggap sebagai indikator yang tidak substansial.

Data market share dapat menunjukkan informasi mengenai dominasi satu atau sekelompok perusahaan di suatu industri yang membuat perusahaan lain tidak bisa bersaing.

Artinya, analisis market share hanya akan mendukung fakta bahwa perusahaan kecil tidak mampu bersaing dan hanya bisa mendapatkan keuntungan yang kecil.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa market share adalah porsi pasar yang dimiliki atau dikendalikan oleh suatu perusahaan atau produk tertentu.

Persentase pangsa pasar dipakai untuk mengukur daya saing suatu perusahaan di dalam industri tertentu. Dengan begitu, perusahaan dapat melihat seberapa baik kinerja dan perkembangannya terhadap pesaing.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian market share atau pangsa pasar, cara mengetahui ukuran pasar, tujuan, jenis, dan cara meningkatkan pangsa pasar. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.