32. Investasi Adalah Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Investasi Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Investasi Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Investasi adalah salah satu cara mendapatkan keuntungan tanpa perlu bekerja keras, karena uang tersebut dikelola oleh oran lain. Sederhananya kegiatan ini berupa penanaman modal dalam suatu hal dan berharap mendapatkan keuntungan.

Kegiatan investasi legal atau diakuisisi secara resmi di Indonesia serta diawasi oleh OJK. Setiap orang atau perusahaan yang memiliki modal, bisa melakukan investasi, dan nantinya orang tersebut akan disebut sebagai investor.

Semakin banyak investor disuatu negara biasanya membuat perekonomian di negara tersebut juga semakin bertumbuh. Oleh sebab itu penting bagi setiap orang paham apa saja manfaat serta pentingnya penanaman modal tersebut.

Mengenal Pengertian Investasi Adalah

Investasi sederhananya dapat diartikan sebagai kegiatan menanam modal dengan tujuan mendapatkan profit atau keuntungan di masa mendatang. Profit ini diraih dari pertumbuhan nilai atau kenaikan nilai instrument investasi tersebut.

Prinsip utama dari kegiatan penanaman modal ini adalah meraih pendapatan yang lebih besar pada saat ini atau di masa depan. Jika bicara tentang keuntungan tentu ada juga potensi kerugian, karena instrument investasi juga bisa mengalami penurunan nilai.

Jenis – jenis Investasi yang Perlu Diketahui

Investasi dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan sifat kebutuhannya, yakni kebutuhan jangka pendek dan kebutuhan jangka panjang. Jangka pendek artinya keuntungan atau pertumbuhan nilai diharapkan dalam waktu singkat.

Sedangkan invest jangka panjang artinya keuntungan diharapkan jauh lebih tinggi di masa depan. Disebut investasi jangka pendek jika kurun waktunya kurang dari tiga tahun, sedangkan di atas 3 tahun sudah digolongkan investasi jangka panjang.

Baca Juga  Investasi Reksadana Adalah

Contoh – contoh Investasi yang Sangat Banyak

Contoh investasi sebenarnya sangat banyak, karena tidak hanya dalam keuangan bisa diterapkan. Sekolah dapat disebut sebagai investasi, karena diharapkan melalui pendidikan tersebut seseorang memiliki skill atau keterampilan lebih di masa depan.

Dalam keuangan contoh investasi seperti membeli saham, membeli tanah, membeli emas, dan yang lainnya. Baik saham, tanah, emas, dan yang lainnya mengalami pergerakan nilai, jadi bisa mendatangkan keuntungan di masa depan.

Manfaat dengan Dihadirkannya Sebuah Investasi

Manfaat investasi jelas sangat banyak, salah satunya adalah untuk meningkatkan kekayaan. Investasi yang sukses akan membuat nilai kekayaan kamu semakin meningkat. Bahkan kegiatan ini juga bisa menghadirkan pendapatan pasif untuk jangka panjang.

Sebenarnya masih banyak manfaat lain yang dihadirkan oleh kegiatan penanaman modal ini, dan hampir semua manfaatnya positif. Dengan kata lain, Investasi adalah adalah sarana yang dapat membantu seseorang meraih lebih banyak penghasilan dengan cara mudah.

 

 

 

 

Keyword : Investasi adalah

Deskripsi : Investasi adalah cara mengelola keuangan dengan tujuan mendapatkan keuntungan di masa mendatang.

 

Check Also

31. Cara Investasi Bagi Anak Muda dalam 5 Langkah Mudah

Cara Investasi Bagi Anak Muda dalam 5 Langkah Mudah

Cara Investasi Bagi Anak Muda dalam 5 Langkah Mudah Investasi merupakan satu cara mengelola keuangan …