20. Penting Diketahui Kehalalan Investasi Uang Kripto seperti Bitcoin di Indonesia

Penting Diketahui! Kehalalan Investasi Uang Kripto seperti Bitcoin di Indonesia

Penting Diketahui! Kehalalan Investasi Uang Kripto seperti Bitcoin di Indonesia

 

Bahasan mengenai trading crypto halal atau haram telah menjadi hal yang banyak diperhatikan orang Indonesia. Apalagi jika ingin menjadi trader mata uang digital. Tentu mengikuti ketentuan dari agama Islam.

 

Tentu pada beberapa produk investasi, sering terdapat poin kurang sesuai dengan agama. Tidak heran bagi muslim, harus tahu mengenai fatwa atau ketentuannya. Baik dari kitab suci Al Quran ataupun pemerintah.

 

Mengenal Ketentuan Trading Crypto Halal atau Haram

 

Buat kamu yang ingin menjadi trader crypto dan belum tahu mengenai ketentuan agama, jangan merasa khawatir. Bisa menengok fatwa atau catatan MUI. Kita beruntung di Indonesia sudah diatur dengan baik.

 

  1. Aturan MUI

 

Untuk mengetahui kehalalan kripto di Indonesia, kamu bisa menengok aturan MUI. Mereka telah membuat 11 poin catatan mengenai crypto. Misalnya poin mengenai skema dan sistem pembayaran yang menggunakan cara digital.

 

Selain itu memakai peer to peer yang dilengkapi dengan teknologi berupa blockhain. Tidak heran bila transparansi dapat terlihat dengan jelas. Bila tidak ada penipuan dan berjalan sesuai ketentuan, maka diperbolehkan.

 

Menurut catatan MUI, kegiatan trading tidak terdapat campur tangan pihak pemerintah. Selain itu bukan termasuk alat tukar resmi. Termasuk di Indonesia yang belum menjadikan crypto sebagai mata uang resmi.

 

  1. Bahtsul Masail NU

 

Untuk melihat apakah trading crypto halal atau haram, bisa juga memakai bahtsul masail NU. Khusus Nahdlatul Ulama, punya pandangan cukup berbed. Disini tingkat kehalalan harus dilihat dari jenis produk investasi.

 

Saat ini masih terdapat kripto berupa aset riil atau tidak dilengkapi aset riil. Khusus untuk riil, pastinya diperbolehkan. Baik hanya digunakan sebagai media investasi bahkan untuk kegiatan pertukaran.

Baca Juga  Trading Forex Syariah

 

Tidak heran bila tanpa adanya landasan riil, maka dipastikan terdapat unsur gharar. Penting adanya campur tangan seorang auditor halal. Terutama agar mampu menentukan secara objektif dan menghindari risiko menjadi haram.

 

  1. Fatwa Mufti Agung Mesir

 

Ternyata pada tahun 2017 yang lalu, fatwa mufti agung Mesir pernah mengeluarkan pernyataan resmi soal kripto. Mereka membuat kajian karena crypto sangat mendunia. Ternyata menurut fatwa tersebut, diharamkan.

 

Fatwa mufti agung Mesir menganggap bahwa sistem trading disini mengandung unsur gharar. Tidak lain dianggap kurang jelas apa yang dipakai sebagai objek transaksi. Apalagi ditambah dengan banyaknya spekulasi.

 

Kalau masih terasa khawatir, bisa sekalian mencoba sistem investasi berbasis syariah. Terutama sudah ada koneksi dengan MUI dan pihak terkait lainnya. Jadi, tidak khawatir lain trading crypto halal atau haram.

 

 

 

 

 

 

KW: trading crypto halal atau haram

 

MD: Mengetahui tentang trading crypto halal atau haram harus diketahui oleh setiap trader muslim. Terutama yang ingin berinvestasi sesuai ketentuan agama.

Check Also

22. Apa Sih Trading Crypto

Apa Sih Trading Crypto?

Apa Sih Trading Crypto? Sudah tahu apa itu trading crypto? Tidak bisa dipungkiri seiring dengan …