95. Kripto Indonesia

Kripto Indonesia

Kripto Indonesia

 

Kripto Indonesia merupakan salah satu mata uang digital yang memanfaatkan kriptografi sebagai jaminannya. Kriptografi sendiri adalah metode yang digunakan dalam melindungi sebuah informasi dan menyalurkan komunikasi yang menggunakan kode.

Penggunaan kriptografi inilah yang menyebabkan mata uang kripto ini tidak bisa dimanipulasi. Jadi transaksi menggunakan mata uang ini tidak bisa dipalsukan seperti mata uang sah yang biasanya digunakan sekarang ini.

Ditambah lagi proses pencatatan pada setiap transaksi uang kripto ini dilakukan secara terpusat di mana akan masuk ke dalam sistem yang menggunakan teknologi blockchain. Di Indonesia sendiri penggunaan mata uang ini mulai dilirik.

Bahkan penggunaannya telah diatur oleh badan pengawasan perdagangan berjangka komoditi dari kementerian perdagangan. Oleh sebab itu wajib bagi Kamu untuk mengetahui peraturan tersebut agar tidak melakukan kesalahan yang justru merugikan diri sendiri.

Peraturan Mengenai Mata Uang Kripto Indonesia

Terdapat beberapa aturan yang menjadi landasan hukum mengenai penggunaan dan perdagangan mata uang itu di Indonesia. Beberapa aturan tersebut mulai dari UU Nomor 7 tahun 2011 mengenai mata uang.

Pada peraturan tersebut menyatakan bahwa alat pembayaran yang sah di Indonesia sudah pasti uang rupiah. Hal tersebut menjadi landasan bahwa mata uang kripto tidak bisa dijadikan sebagai alat pembayaran di negara ini.

Selain itu terdapat juga peraturan UU Nomor 10 tahun 2011 mengenai perdagangan berjangka komoditi di mana mata uang kripto Indonesia termasuk dalam salah satu kategorinya. Alasannya karena harga mata uang ini cenderung fluktuatif dan lumayan liquid.

Ditambah lagi tidak ada campur tangan pemerintah sehingga koin dan token yang muncul dari teknologi blockchain bisa diperdagangkan secara bebas tanpa adanya intervensi. Kondisi ini bisa membuat situasi pasar yang menjadi sempurna.

Baca Juga  7 Platform Trading Crypto Terbaik 2021

Alasan ketiga adalah permintaan dan penawaran untuk aset yang satu ini juga ramai di pasar pada titik apalagi pasar aset kripto juga besar di mana tercatat sampai sekarang kapitalisasinya secara global telah mencapai angka 2,62 triliun dolar AS dengan 10.000 jenis aset kripto yang diperjualbelikan.

Untuk alasan ke-4 adalah terdapat kecocokan mengenai standar komoditi. Oleh sebab itu tidak heran jika terdapat empat peraturan mengenai mata uang kripto Indonesia ini yaitu peraturan nomor 2, 3, 4, dan 5 tahun 2019.

 

 

Keywords: kripto Indonesia

Deskripsi: terdapat beberapa informasi mengenai peraturan kripto Indonesia yang harus diketahui

 

 

 

Check Also

100. Akademi Kripto Indonesia

Akademi Kripto Indonesia

Akademi Kripto Indonesia Kehadiran akademi kripto Indonesia tentunya banyak disambut baik oleh berbagai pihak. Karena …