17. Aplikasi Pinjaman Online Ilegal

Aplikasi Pinjaman Online Ilegal

Aplikasi Pinjaman Online Ilegal

Sekarang ini banyak aplikasi pinjaman online ilegal dikarenakan perilaku masyarakat Indonesia yang konsumtif sehingga mudah terkena rayuan lintah digital. Kondisi ekonomi yang makin sulit akibat pandemi memaksa masyarakat untuk menggunakannya.

Belakangan ini banyak dilakukan penggerebekan ke kantor pinjaman online ilegal atas perintah Presiden Joko Widodo. Pinjol sudah sangat merugikan masyarakat sampai ada beberapa korban berjatuhan.

Solusi Ketika Terjerat Aplikasi Pinjaman Online Ilegal

Meminjam melalui pinjol ilegal hanya akan membuat Kamu berakhir dengan penderitaan saja. Cara penagihan yang tidak sesuai prosedur dan mengancam membuat nasabah lebih memilih untuk mengakhiri hidupnya.

Himbauan pemerintah kepada nasabah pinjaman online ilegal adalah tidak perlu membayarnya, hal tersebut dikarenakan belum mengantongi izin sah beroperasi. Untuk Kamu yang sudah terlanjur menggunakan pinjol ilegal, ini adalah solusinya.

1.     Gerakan GalBay

Galbay atau gagal bayar adalah salah satu cara untuk membebaskan diri dari pinjol ilegal agar bangkrut dengan sendirinya. Gerakan ini dilakukan untuk mengabaikan tagihan yang diberikan oleh penyedia dana.

Akan tetapi, Kamu harus menanggung konsekuensi karena melakukan gerakan gagal bayar. Misalnya dicap sebagai nasabah dengan riwayat kredit buruk, meningkatnya bunga, merasa terbebani karena melakukan galbay aplikasi pinjaman online ilegal.

2.     Lunasi Hutang

Solusi saat terjerat hutang di pinjol ilegal adalah melunasinya untuk mencegah bunga yang terus meningkat. Kamu bisa melunasi hutang untuk menghindari disebarkannya aib dan data diri oleh perusahaan fintech  tersebut.

Kamu bisa melunasi pinjaman mulai dari suku bunga yang terbesar agar tagihan tidak terus menggunung. Selain itu, lunasi pinjaman pokok terkecil agar Kamu lebih cepat terlepas dari kejaran hutang fintech.

Baca Juga  Aplikasi Slot Gacor

3.     Laporkan Pinjol

Setelah melakukan gerakan galbay ataupun melunasinya, Kamu bisa melaporkan pinjaman online ilegal tersebut kepada pihak berwajib. Kamu bisa melaporkannya ke kepolisian melalui polda atau polres setempat.

Kamu juga bisa melaporkan melalui [email protected] atau melapor ke lembaga otorisasi jasa keuangan secara langsung. OJK sendiri memberikan layanan pengaduan melalui whatsapp dengan nomor 081-157-157-157 dan email [email protected]

Selalu lakukan pengecekan legalitas sebelum menggunakan aplikasi pinjam dana online. Hindari penggunaan aplikasi pinjaman online ilegal agar terhindar dari berbagai permasalahan mulai dari penyebaran data, ancaman, dan lain sebagainya.

Check Also

65. Aplikasi Investasi Terpercaya untuk Hidup Lebih Mapan

Aplikasi Investasi Terpercaya untuk Hidup Lebih Mapan

Aplikasi Investasi Terpercaya untuk Hidup Lebih Mapan Aplikasi investasi saham saat ini sudah banyak digunakan …