16. Aplikasi Pinjaman Online

Aplikasi Pinjaman Online

Aplikasi Pinjaman Online

Makin maraknya perusahaan fintech berbasis aplikasi pinjaman online yang memberikan banyak penawaran  membuat Kamu harus lebih selektif lagi. Banyak perusahaan illegal yang menawarkan pinjaman dana dengan jaminan cair hitungan detik.

Aplikasi pinjol sendiri banyak dipilih masyarakat karena memiliki kemudahan dalam pengajuan dan tidak memerlukan jaminan. Berbanding terbalik dengan bank atau lembaga konvensional lainnya yang membutuhkan jaminan di setiap pengajuan pinjamannya.

Panduan Memilih Aplikasi Pinjaman Online

Masyarakat dihimbau untuk bijak dalam memilih perusahaan penyedia jasa peminjaman digital. Ada beberapa perusahaan fintech illegal yang sengaja mencari korban untuk diarahkan ke dalam skema gali dan tutup lubang.

Kamu harus mewaspadai segala sindikat pinjaman online illegal tersebut agar tidak terlilit hutang. Berikut adalah panduan dalam memilih pinjaman online agar terhindar berbagai modus dari oknum perusahaan fintech illegal.

1.     Berani Transparan

Perusahaan pinjol yang sudah terdaftar dan diresmikan oleh OJK akan memberikan penjelasan secara transparan terkait ketentuannya. Mulai dari kebijakan, persyaratan, perhitungan bunga, denda, biaya admin yang dibebankan, dan masa ternornya.

2.     Melihat Lokasi Kantor

Pinjaman online ilegal biasanya memiliki alamat kantor di luar negeri, hal tersebut dilakukan untuk menghindari aparat hukum. Pinjol legal akan memiliki alamat yang jelas dan mudah ditelusuri mesin pencarian Google.

3.     Status Penyelenggara

Pada aplikasi pinjaman online legal pasti memiliki status penyelenggaraan aktif dan terdaftar di OJK. Kamu bisa melakukan pengecekan melalui website, email, atau whatsapp resmi OJK sebelum menggunakan aplikasi tersebut.

Baca Juga  Pinjaman Online Lewat WA

4.     Tunduk dengan Ketentuan

Seluruh perusahaan fintech akan tunduk dengan ketentuan dan kebijakan yang diberikan OJK. Penetapan besaran bunga telah diatur oleh AFPI maksimal 0,8% perharinya dan total biaya hanya dari nilai pokok jaminan.

5.     Review Positif

Sebuah pinjaman online yang beroperasi dengan baik dan sesuai ketentuan OJK akan mendapatkan review positif dari nasabahnya. Kamu sebagai calon nasabah harus membaca review agar tidak salah memilih aplikasi pinjol.

Keberadaan dari aplikasi pinjol sendiri sangat membantu masyarakat yang membutuhkan dana cepat. Tapi, beberapa okum aplikasi pinjaman online ilegal membuat nama baik perusahaan fintech di cap buruk oleh masyarakat.

Check Also

65. Aplikasi Investasi Terpercaya untuk Hidup Lebih Mapan

Aplikasi Investasi Terpercaya untuk Hidup Lebih Mapan

Aplikasi Investasi Terpercaya untuk Hidup Lebih Mapan Aplikasi investasi saham saat ini sudah banyak digunakan …