69. Aplikasi Investasi untuk Pelajar

Aplikasi Investasi untuk Pelajar

Aplikasi Investasi untuk Pelajar

Tersedia beragam aplikasi investasi untuk pelajar, seperti bibit, ajaib, bareksa dan tanam duit. Aplikasi tersebut tidak membutuhkan modal awal yang besar dan biasanya sudah tersedia rekomendasi saham yang sesuai profil investor.

Investor pemula biasanya memiliki semangat yang tinggi untuk memulai. Namun harus diingat bahwa setiap investasi pasti memiliki resiko. Dan investasi bukan kekayaan instan, namun keuntungan yang didapat secara bertahap dengan bertambahnya ilmu, modal dan pengalaman.

Panduan Investasi bagi investor Pemula

Investor pemula biasanya membutuhkan panduan agar tidak salah dalam melangkah. Utamanya dalam memilih aplikasi investasi untuk pelajar agar meminimalisir kerugian. Beberapa panduan yang dapat diikuti oleh investor pemula adalah sebagai berikut:

  1. Ketahui Resiko Investasi Sejak Awal

Setiap investasi pasti memiliki resiko atau potensi kerugian. Semakin besar resiko biasanya berbanding lurus dengan keuntungan yang bisa diperoleh. Mengetahui tingkat resiko dapat membuat investor lebih bijaksana dalam mengalokasikan dana.

 

  1. Tentukan Tujuan Investasi dengan Jelas

Menentukan tujuan investasi dapat membantu Kamu memilih jenis investasi. Sesuai kepentingannya, investasi ada jangka pendek dan jangka Panjang. Investasi jangka pendek adalah masa < 3 tahun sedangkan investasi jangka Panjang > 3 tahun.

 

  1. Pilih Instrumen Investasi yang Sesuai

Instrumen investasi disesuaikan dengan tujuan investasi, untuk investasi jangka pendek Kamu bisa menggunakan reksadana. Sedangkan untuk jangka panjang Kamu bisa menggunakan instrument obligasi atau saham.

 

  1. Buka Rekening di Aplikasi Investasi untuk Pelajar

Setelah menentukan instrument investasi, saatnya Kamu membuka rekening investasi. Beberapa aplikasi yang dapat digunakan, diantaranya adalah:

Baca Juga  5 Aplikasi Pinjaman Online Terbaik

 

  1. Bareksa

Aplikasi Bareksa adalah salah satu aplikasi terbaik dan banyak penggunanya. Dengan setoran awal Rp. 50.000, cukup terjangkau bagi pelajar sekalipun. Ada beragam produk investasi yang ditawarkan selain reksadana yaitu obligasi, umrah dan fund academy.

Bareksa juga memiliki fitur simulasi reksadana agar Kamu mengetahui peningkatan nilai uang di masa datang. Aplikasi ini juga tersedia dalam web based yang memudahkan Kamu dalam melihat data.

 

  1. Tanamduit

Aplikasi Tanamduit memiliki setoran awal yang murah, yaitu cukup Rp. 10.000. Selain reksadana, ada produk investasi lainnya seperti obligasi dan asuransi. Aplikasi ini tidak memiliki Advisor untuk membantu mengalokasikan dana investasi.

 

Hal itu memberi Kamu kebebasan untuk mengalokasikan dana. Namun aplikasi ini lebih tinggi kemanannya karena dilengkapi dengan sidik jari dan otomatis harus login bila sudah keluar.

 

Investasi memberikan banyak keuntungan dan manfaat, utamanya bila dilakukan sejak awal saat masih pelajar. Masih memiliki semangat tinggi, kesempatan yang panjang, namun mungkin terkendala di modal. Jangan khawatir karena ada aplikasi investasi untuk pelajar dengan modal minimal.

 

Check Also

32. Investasi Adalah Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Investasi Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya

Investasi Adalah: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Manfaatnya Investasi adalah salah satu cara mendapatkan keuntungan tanpa …