infografis-penawaran-pinjaman-online-ilegal-melalui-whatsapp-dan-sms-1_169
image by : CNBC Indonesia

4 Cara Mengetahui Pinjol Terdaftar di OJK via Online

4 Cara Mengetahui Pinjol Terdaftar di OJK via Online – Pinjaman yang disebut pinjaman  atau pinjaman online, terutama pinjaman ilegal, biasanya menjadi fokus bunga. Padahal, ada beberapa cara untuk mengecek apakah suatu pinjaman sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah kasus  pinjaman ilegal meningkat.

Hal ini terlihat pada pertumbuhan pelayanan publik yang  dirusak oleh kredit ilegal. Para korban pinjaman ini mengeluh bahwa mereka diliputi oleh kengerian penagihan, pemotongan pinjaman yang terlalu tinggi, dan  suku bunga yang mencekik.

Oleh karena itu, Kelompok Kerja Waspada Investasi (SWI) OJK menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap penawaran pinjaman. Salah satunya adalah untuk mengetahui pinjaman mana yang legal dan mana yang ilegal.

OJK sendiri terus mengedukasi masyarakat untuk melihat apakah pinjam meminjam itu ilegal. Ada beberapa cara untuk mengecek apakah suatu pinjaman sudah terdaftar di OJK. Ini karena semua pinjaman FinTech  atau penyedia pinjaman di Indonesia harus terdaftar di OJK. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat umum untuk memastikan legalitas dari penyedia pinjaman online yang sah agar tidak terjebak dalam pinjaman ilegal.

Menerima informasi, inspirasi dan wawasan melalui email. Registrasi Email Cara memeriksa  pinjaman terdaftar di OJK Ada empat cara untuk memeriksa apakah pinjaman terdaftar di OJK atau pinjaman legal atau ilegal.

  1. Situs OJK

Untuk memeriksa kredit sah Anda yang terdaftar di situs web OJK: Kunjungi situs web OJK di www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financialtechnology/Default.aspx. Di halaman ini Anda akan menemukan daftar pengacara. Perusahaan  pinjaman yang dapat diunduh

  1. WhatsApp OJK

Anda dapat memeriksa apakah pinjaman Anda telah terdaftar di OJK melalui WhatsApp  resmi OJK (WA). Metodenya adalah sebagai berikut. Simpan nomor WhatsApp resmi OJK 081157157157. Buka aplikasi WhatsApp dan buka kontak OJK yang tersimpan. Masukkan nama pinjor yang ingin Anda ulas. Misalnya, “pinjol.com” mengirim pesan. Dia menunggu bot menyelesaikan pencariannya dan memberikan jawaban atas status Pinjol di OJK.

  1. Telepon 157

Hubungi 157 untuk pinjaman ilegal dan ikuti instruksi operator

  1. Email

Anda dapat memverifikasi melalui email (email) [email protected] bahwa pinjaman Anda terdaftar di OJK.

Baca Juga  Aplikasi Sadap Wa yang bisa Disembunyikan

Check Also

12. Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK Banyak perusahaan penyedia jasa peminjaman dana berbasis Aplikasi …