Pinjol Ilegal
Image By : National Tempo.co

Terjerat Hutang Pinjol Illegal, Nasabah Tak Perlu Bayar!! Apa Dasar Hukumnya?

Aparat Kepolisian Mengungkap Pinjol Ilegal di Beberap lokasi

Pinjol Tanpa OJK – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung imbauan pemerintah kepada masyarakat untuk tidak ketinggalan dalam pembayaran atau bunga jika sudah  meminjam uang dari pinjaman ilegal atau online tanpa izin.

Pemerintah mendesak mereka yang merasa berhutang untuk menelepon kantor polisi jika ada risiko pemulihan. Dalam memerangi rentenir ilegal, pemerintah dan OJK telah memutuskan untuk memberlakukan berbagai pasal hukum perdata dan pidana terhadap Pinjol Tanpa OJK. Pemberi pinjaman  ilegal menghadapi pemerasan, ketidaknyamanan, undang-undang ITE, dan hukuman  konsumen.

Baca Juga : 4 Cara Mengetahui Daftar Pinjol Terdaftar OJK via Online

Kepala Satgas Penasihat Investasi OJK Tongam Lumban Tobing mengatakan pemerintah telah meminta pemerintah untuk menghentikan pembayaran  pokok dan bunga pinjaman ilegal. Dasar hukum. “Itu tentu dari perspektif hukum perdata, dan pinjaman ilegal ini tidak  sesuai dengan kesepakatan Pasal 13 KUHPerdata (Buku Hukum),” kata Tongam, Kamis (21/10/2021).

KUH Perdata menetapkan bahwa meminjamkan uang dimungkinkan jika ada kesepakatan antara para pihak, dalam hal ini pihak pertama adalah peminjam  tidak sah dan pihak kedua adalah peminjam (debitur). Masalahnya, lanjutnya, ketentuan hukum perdata para pihak  dianggap tidak sah karena pemberi pinjaman ilegal ini tidak terdaftar di pemerintah atau OJK.

Pernyataan Mahfud MD

“Dan dari perspektif kriminal, pinjaman ilegal ini melakukan pemerasan berdasarkan pasal 368 KUHP, perilaku kasar berdasarkan pasal 335 dan melanggar ITE dan perlindungan konsumen,” kata Tongham. “Untuk melihat siapa yang  meminjam secara ilegal, mereka tidak memenuhi persyaratan dari perspektif hukum pidana dan perdata, jadi Anda tidak perlu membayar,”

Mahfud MD
Menkopolhukam Mahfud MD di Kemenkopolhukam, Jakarta, Rabu (30/6/2021).(Kemenkopolhukam RI)

katanya. Pernyataan Mahfud MD, Menteri Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mohammad Mahfud MD tidak lagi harus membayar biaya atau bunga pokok kepada mereka yang menjadi debitur pinjaman online yang ilegal, saya meminta. Orang-orang yang berada di belakang pinjaman ilegal diminta untuk menelepon polisi jika mereka merasa dituduh. “sehingga imbauan atau pernyataan dari pemerintah yang melibatkan OJK dan BI akan menangguhkan pelaksanaan kredit ilegal ini,” kata Mahfud MD. “Orang yang  menjadi korban kredit ilegal tidak bisa membayar. Jika seseorang tidak membayar, mereka tidak akan diterima dan dilaporkan ke kantor polisi terdekat. Polisi akan memberikan perlindungan. saya akan,” katanya.

Baca Juga  Aplikasi Slot Tanpa Deposit

 

Source : Kompas.com

Check Also

12. Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK

Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK Banyak perusahaan penyedia jasa peminjaman dana berbasis Aplikasi …